Rabu, 19 Januari 2011

CONTOH rENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SMP


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Sekolah : SMP Negeri 2 Gabus
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : VII / Gasal
Alokasi Waktu : 2 X 40 Menit
Pelaksanaan : 2011

  1. Standar Kompetensi
  1. Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca
  1. Kompetensi Dasar
    1. Menentukan makna tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai.
  1. Indikator
      1. mampu menemukan kata – kata sulit dalam teks bacaan
      2. mampu menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan
  2. Tujuan Pembelajaran
Setelah siswa melakukan kegiatan pembelajaran, siswa mampu:
  • Siswa dapat menemukan makana kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat dengan konteks yang diinginkan melalui egiatan membaca memindai
  1. Materi Pokok Pembelajaran
Pengertian membaca adalah kegiatan fisik dan mental untuk menemukan makna dari tulisan, walaupun dalam kegiatan ini terjadi proses pengenalan huruf – huruf. Dalam proses membaca maka kita akan memperoleh keuntungan yang tidak lain hal tersebut memberi kita tambahan ilmu. Selain menambah ilmu kita, kegiatan membaca dapat memperkaya perbendaharaan kosa kata yang kita kuasai. Semakin kita sering melakukan kegiatan membaca maka semakin banyak pembendaharaan kosa kata, selain itupula kita juga akan menemui kosa kata yang belum kita ketahui maknanya. Dengan kegiatan membaca kali ini maka kita akan menggali kata – kata yang belum kita ketahui maknanya dan mencarinya makna dari kata yang sulit tersebut dengan menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia ataupun Kamus Istilah.
  1. Metode Pembelajaran
  • Metode Ceramah
  • Metode Inkuiri
  • Metode Cooperative Learning
  1. Langkah – langkah Pembelajaran
  1. Kegiatan awal ( 10 Menit )
  1. Guru membuka pelajaran dengan salam pembuka
  2. Guru mengkondisikan siswa agar siap mengikuti pelajaran
  3. Guru melakukan absensi
  4. Gur melakukan apersepsi, mengulam materi pelajaran pada pertemuan yang sebelumnya
  1. Kegiatan Inti (60 Menit)
  1. Eksplorasi
  • Siswa mendengarkan sejenak penjelasan dari gutu
  • Siswa terlibat dalam mencari informasi terkaot dengan materi pelajaran
  • Siswa berargumen yang berdasarkan pengalamannya berkaitan dengan materi pelajaran
  1. Elaborasi
  • Siswa menerima teks nonsastra dan membaca teks yang diberikan oleh guru
  • Siswa secara berpasangan mencari kata – kata yang sulit dan kemudian mencarinya dalam kamus besar bahasa Indonesia
  • Siswa menuliskan kata – kata yang sulit beserta maknanya dalam buku tugas mereka
  1. Konfirmasi
  • Siswa dan guru bersama – sama menentukan siswa yang paling cepat dan tepat menemukan kata – kata yang sulit beserta makna kata
  • Siswa yang tercepat dalam menemukan makna kata sulit tersebut mendapatkan penghargaan dari guru berupa pukian dan nilai lebih dari guru
  • Siswa diharapkan mampu menyimpulkan materi hasil kegiatan pembelajaran
  1. Penutup (10 Menit)
  1. Siswa dengan bimbingan guru diberi penguatan mengenai materi pelajaran
  2. Siswa mendapatkan pengklarifikasian mengenai materi pelajaran yang masih kurang ataupun kurang paham
  3. Siswa diberi kesempatan untuk melakukan sanggahan ataupun pertanyaan yang berkaitan dengan materi pelajaran
  4. Siswa dan guru melakukan refleksi terhadap pelajaran
  5. Siswa diharapkan selalu rajin belajar
  6. Siswa dengan guru bersama membaca bacaan Al-qur’an Surat Al Fatiqah untuk menutup pe;ajaran
  1. Alat dan sumber bahan
  1. Alat
  • Stop Watch
  • Kamus Besar Bahasa Indonesia
  • Kamus Istilah
  1. Bahan
  • Teks bacaan nonsastra dari surat kabar mingguan
  • Referensi dari internet
  • Buku Pintar Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas VII SMP
  1. Penilaian
  1. Teknik
  • Observasi
  1. Bentuk instrumen
  • Tes prosedur dan produk
  1. Soal instrumen
Teks bacaan nonsastra

Data Transfer dan Sync
Dalam hal ini eksklusifitas iphone kembali menimbulkan masalah. Iphone 4 tidak dapat terdeteksi sebagai media penyimpanan massa ketika dihubungkan dengan komputer, melainkan hanya sebagai kamera yang berfungsi unuk mentransfer data yang berupa gambar atau video yang diambil dengan kamera iphone 4 (di windows PC).
Untuk melakukan sinkronisasi data, iphone 4 memerlukan software buatan apple yaitu itunes. Mungkin bagi Anda pecinta produk Apple seperti iphone dan ipod sudah terbiasa dengan hal ini, namun tetap saja hal ini menjadi kekurangan jika dibandingkan dengan kemudahan yang ditawarkan ketiga sistem operasi lainnya yang cukup dengan copy paste untuk melakukan transfer data.
Soal Instrumen
  1. Temukan kata – kata yang belum Anda ketahui maknanya dalam teks tersebut secepat mungkin !
  2. Carilah makna kata – kata sulit tersebut secara cepat dan tepat! (dengan cara meminta bantuan teman untuk mencatat waktu yang diperlukan dalam menemukan arti kata yang sulit tersebut)
  3. Buatlah secara berkelompok kalimat sesuai dengan kata – kata sulit yang Anda temukan dengan struktur yang baik dan benar!

Pedoman Penskoran menemukan kata yang sulit beserta maknanya
Nama Siswa :
Kegiatan
skor
  1. Siswa mampu menemukan 5 makna kata sulit atau lebih dengan waktu kurang dari 2 menit
4
  1. Siswa menemukan 2-4 makana kata sulit dengan waktu kurang dari 2 menit
3
  1. Siswa menemukan kurang dari 2 makna kata sulit dengan waktu melebihi batas waktu yang telah ditentukan
2
Skor maksimum
4

Pedoman Penskoran membuat kalimat berdasarkan kata yang sulit
Nama Kelompok :
Kegiatan
skor
  1. Jumlah kalimat 5 atau lebih dengan struktur benar
4
  1. Jumlah kalimat 2-4 dengan struktur benar
3
  1. Jumlah kalimat kurang dari 2 denngan struktur benar
2
Skor maksimum
4

Penghitungan Nilai Akhir
Nilai Akhir x skor ideal ( 100)



Mengetahui Kepala Sekolah                                              Mengetahui Guru

                                                                                                 Ahmad Safi’i
                                                                                       (NIM A.310080079)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar